Friday 8 January 2016

BELAJAR MENJADI MC



BELAJAR MENJADI MC
MC atau kepanjangan dari Master of Ceremony.  Apakah diantara kalian ada yang ingin menjadi MC, jika ya, baiklah akan saya berikan sedikit contoh, tip & trik untuk menjadi Master of Ceremony. Kalau anda pikir saya adalah seorang MC, tebakan anda adalah keliru, tapi bisa jadi benar, tapi tidak untuk saat ini, karena saya juga sedang mencobanya, seperti anda.

Lalu apa yang saya lakukan ?
Yang saya lakukan adalah, saya mengambil salah satu contoh video sebuah acara pernikahan, kemudian saya catat semua yang diucapan seorang MC dalam sebuah acara resepsi pernikahan. saya catat dari awal hingga akhir acara. Setelah itu saya mencoba menirukan gaya bicara seorang MC. Coba tebak ? ternyata tidak semudah apa yang saya bayangkan, tapi suatu saat saya akan mencoba dan terus mencoba, hal ini penting buat saya secara pribadi, selain menumbuhkan kepercayaan diri, juga melatih gaya berbicara saya yang selalu gugup, gagap, grogy dan bingung saat berada didepan panggung maupun forum seminar. Setujukah anda dengan saya ?

Baiklah berikut ini adalah contoh seorang MC yang sedang membawakan sebuah acara :

" Baik selamat malam, selamat datang para hadirin dan tamu undangan bapak ibu sekalian, selamat datang dalam acara resepsi pernikahan Jonathan & Angelina, yang bertempat di ballroom hotel Mulia Jakarta. "
" Hari ini, Sabtu tanggal 17 Desember 2015, merupakan satu kebahagian dan kebanggaan untuk saya Edi Pujiarto hadir disini untuk mengajak anda, bapak ibu hadirin sekalian untuk mengikuti satu persatu rangkaian acara yang telah dipersiapkan oleh teman-teman dari happy wedding organiser. "

" Baiklah bapak ibu hadirin sekalian, kalau boleh saya meminta anda untuk segara masuk kedalam ruangan ballroom, untuk mengisi ruangan yang masih kosong, sekali lagi bapak ibu hadirin sekalian, kami ajak anda untuk segara masuk kedalam ruangan ballroom, karena beberapa saat lagi acara akan segera dimulai, terima kasih."

" Bapak ibu hadirin sekalian, kita akan memulai seluruh rangkaian acara pada malam hari ini, dan yang pertama kita akan hadirkan untuk anda adalah prosesi keluarga dari kedua mempelai."

" Hadirin sekalian kita ikuti bersama prosesi keluarga inti."

" Dan seterusnya......

Saya sudah mencobanya dirumah, karena itulah saya bisa memberikan sedikit tip dan triknya disini.



Langkah-langkah apa saja yang perlu diperhatikan : 
* Ambil salah satu contoh video dirumah anda yang didalamnya melibatkan seorang MC.
* Catat semua materi yang sedang disampaikan oleh MC dalam suatu acara.
* Pelajari gaya cara bicaranya.
* Perhatikan kosa katanya, aksennya, dan ritme bicara.
* Setelah semua dilihat & diperhatikan, COBA DAN LAKUKAN.
* Usahakan semua materi yang telah dicatat, dipelajari, tetapi jangan dihafalkan dulu.
* Baca semua yang sudah dicacat dari awal hingga akhir, diusahakan jangan di improvisasi dulu.
* Baca secara tektual saja, maksudnya sesuai yang anda cacat,ada waktunya untuk menghafal .
* Jangan terburu-buru untuk improfisasi, nanti akan kesulitan mengeja bacaan.
* Setelah semua dipelajari, baru mencoba untuk menghafal sedikit demi sedikit.
* Buat ringkasan kecil seluruh materi acara, bisa anda tulis dikertas atau di HP anda.
* Langkah terakhir, ambil microphone dan berdiri diatas meja kayu kecil sebagai contoh panggung.     ( Meja kayu yang kuat, bukan meja kaca ), atau berdiri saja sudah cukup.

catatan : gulungan kertas bisa dijadikan microphone.

Itu saja yang bisa saya sharing disini, mohon maaf apabila masih banyak terdapat kekurangan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba. Action2Sukses


No comments:

Post a Comment