Friday 5 February 2016

LUMPIA SEMARANG

Oleh-oleh Khas Semarang.



Hei Halo Sobat, Anda tahu foto ini diambil dimana ? yah kalau Anda sudah sering ke kota Semarang, saya yakin Anda sudah tahu, ya saya berada di jalan Pandanaran Semarang. Jalan ini berada di kawasan Simpang Lima, jalannya yang berada di tengah-tengah kota Semarang adalah merupakan pusat jajanan oleh-oleh khas Semarang. Oleh-oleh Lumpia, Wingko Babat dan Bandeng Presto semua ada di kawasan ini. Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkannya, hampir disetiap toko oleh-oleh menjualnya.

Berbicara tentang oleh-oleh khas kota Semarang, pertama yang terlintas di pikiran kita adalah Lumpia, kemudian Wingko, dan yang ketiga adalah Bandeng Presto. Salah satu penjual lumpia yang sudah tidak asing lagi adalah lumpia Mbak Lien, berada di jalan Pandanaran, dia adalah salah satu penerus lumpia Siem Swie Hie, yang merupakan saudara kandung dari Siem Swie Kiem, pelopor oleh-oleh lumpia di yang berada di gang Lombok Semarang. Jajanan lumpia dari Mbak Lien ini terdapat 3 pilihan rasa, yaitu lumpia isi ayam, lumpia isi udang & lumpia isi udang & ayam ( kombinasi ).

Baiklah, untuk  oleh-oleh selanjutnya adalah Wingko Babat. Wingko Babat dengan merk kereta api sudah sangat terkenal, menawarkan berbagai macam rasa, diantaranya adalah rasa pisang, rasa durian, dan rasa coklat. Setiap rasa harganya berbeda-beda. Jajanan WIngko Babat ini, pertama kali diperkenalkan oleh Nyonya Mulyono yang aslinya berasal dari Lamongan kecamatan Babat.  Kemudian hijrah dan menetap di kota Semarang. Memulai usahanya di sekitar stasiun Tawang. Jajanan Wingko ini dihasilkan dari perpaduan rasa kelapa muda dan gula, sungguh sangat lezat & nikmat.  Untuk mendapatkan jajanan yang sangat populer ini, Anda dapat menemukannya di jalan Cendrawasih No. 14 Semarang.

Dan oleh-oleh khas yang ketiga adalah Bandeng Presto. Di olah dan dimasak menggunakan uap air bertegangan tinggi, menghasilkan ikan bandeng berduri lunak. Harga Bandeng Presto ini bervariasi, ada yang dijual per ekor, maupun yang terdiri dari 3-4 ekor ikan. selain itu pula banyak dijual aneka macam bandeng, antara lain bandeng otak-otak, bandeng dalam sangkar, bandeng pepes, dan bandeng asap. Penjual Bandeng Presto yang terkenal di jalan Pandanaran adalah penjual dengan merk dagang " Bandeng Presto " dan " Bandeng Juwana ", mereka merupakan pelopor sejak tahun 70an, tepatnya tahun 1977, kalau tidak salah.

Selain ketiga jenis oleh-oleh yang saya jabarkan diatas, masih ada beberapa oleh-oleh khas kota Semarang lainnya, antara lain adalah :  Untuk kuliner ada  Tahu Bakso, Roti Ganjel Rel, Moaci Gemini, dan Brillian Super Cake, sedangkan untuk oleh-oleh non kuliner adalah ada Kaos Costa Brava Van Java, dan Batik Semarangan.

edp

----------------------------------------------------------


   

----------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------
 


No comments:

Post a Comment